AllFreePapers.com - All Free Papers and Essays for All Students
Search

Electrical Circuit Practicum Report

Autor:   •  November 29, 2016  •  Lab Report  •  2,266 Words (10 Pages)  •  867 Views

Page 1 of 10

MODUL 6

Rangkaian Resonansi

Praktikan: Vincent Giovanni (13215030)

Asisten: M. Aldo Aditiya/13213108

Waktu Percobaan: 7 November 2016

EL-2101-Praktikum Rangkaian Elektrik

Laboratorium Dasar Teknik Elektro

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika – ITB

Abstrak

Pada praktikum modul 6 ini, kami melakukan praktikum seputar gejala resonansi yang terjadi pada rangkaian yang mengandung 2 komponen penyimpan energi, yaitu kapasitor dan induktor.

Dalam praktikum kali ini yang ditekankan ialah kejadian-kejadian yang terjadi seputar gejala resonansi, apa saja yang menyebabkannya, bagaimana pengaruh sususan rangkaian pada gejala resonansi dan juga aplikasi dari gejala resonansi.

Kesimpulan yang diperoleh ialah bahwa rangkaian RLC seri hanya memiliki tegangan maksimum pada frekuensi resonansinya dan juga dapat diaplikasikan sebagai rangkaian Band Stop Filter, sedangkan rangkaian LC paralel hanya memiliki tegangan minimun pada frekuensi resonansinya dan juga dapat diaplikasikan sebagai rangkaian Band Pass Filter.

Kata kunci: Resonansi, rangkaian Band Stop Filter, rangkaian Band Pass Filter.

  1. Pendahuluan

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering temui komponen kapasitor dan induktor dalam rangkaian listrik peranti-peranti elektronik. Saat kita memanfaatkan arus listrik AC sering kali yang kita inginkan hanyalah komponen real dari AC tersebut. Oleh karena itulah, kita dapat menghilangkan komponen reaktif dengan cara resonansi.

Selain itu, dalam radio atau televisi, tentu peranti tersebut ‘menyeleksi’ sinyal frekuensi yang akan diterima oleh peranti tersebut. Dengan mengguanakan sifat rangkaian penyaring (filter) yang mengunakan prinsip resonansi, peranti tersebut dapat bekerja.

Oleh karena itu, dalam praktikum kali ini, kita akan melihat dan mengamati apa yang dapat menyebabkan terjadinya gejala resonansi. Selain itu, kita juga akan melakukan percobaan seputar aplikasi dari gejala resonansi, yaitu rangkaian Band Pass Filter dan rangkaian Band Stop Filter.

  1. Dasar Teori

  2.1 Gejala Resonansi

Gejala Resonansi dalam rangkaian listrik ialah gejala dimana impedansi dari rangkaian tlistrik tersbut minimum dimana impedansi miminum ini timbul karena impedansinya murni resistif karena tidak adanya impedansi reaktif.

Dalam rangkaian listrik, apabila terdapat 2 komponen penyimpan energi, yaitu kapasitor dan induktor, maka akan terjadi transfer energi secara bergantian pada 2 komponen tersebut dan proses tersebut menjadi sebuah osilasi.

Saat impedansi dari kapasitor dan induktor sama besar yang dimana impedansi kapasitor dan induktor bersifat saling menghilangkan, impedansi reaktif menjadi 0, kondisi inilah yang memicu terjadinya resonansi.

...

Download as:   txt (16.5 Kb)   pdf (568.6 Kb)   docx (2.2 Mb)  
Continue for 9 more pages »