AllFreePapers.com - All Free Papers and Essays for All Students
Search

E-Z Toll (indonesian)

Autor:   •  September 27, 2011  •  Essay  •  949 Words (4 Pages)  •  1,411 Views

Page 1 of 4

Executive Summary

Kota Jakarta merupakan salah satu kota terpadat di dunia. Volume kendaraan yang memenuhi jalan raya ibukota pada pagi dan sore hari membuat suatu tren bagi masyarakat yang beraktifitas di ibukota. Terutama bagi kendaaraan yang dikendarai oleh masyarakat yang tinggal di luar kota Jakarta namun beraktifitas di dalam kota Jakarta. Salah satu tempat favorit dalam kemacetan adalah tol dalam kota. Tol dalam kota pada pagi hari dilalui oleh jutaan kendaraan dari daerah bogor, bekasi, dan tanggerang yang ingin masuk ke dalam kota jakarta.

Dari berbagai studi, dapat disimpulkan, kota Jakarta menghadapi permasalahan transportasi perko-taan yang sangat besar. Dalam keseharian, permasalahan yang dapat dilihat adalah kemacetan di hampir seluruh jaringan jalan di kota Jakarta dan sekitarnya. Tingkat kemacetan di kota Jakarta, apabila dibandingkan dengan kota-kota lain di dunia, sudah termasuk dalam katagori yang membahayakan baik dari segi ekonomi dan sosial.

Terinspirasi dari tren yang terdapat di kota Jakarta pada pagi dan sore hari, yakni kemacetan ibukota, membuat kendaraan yang melintas masuk melalui jalan tol ibukota semakin tak terkendali. Hal ini membuat kami berusaha untuk memfasilitasi masyarakat luas dengan membuat suatu inovasi "E-Z Toll". "E-Z Toll" merupakan teknologi pembayaraan uang tol dimana pengguna kendaraan yang melintasi gardu tol pada tol dalam kota tidak perlu berhenti dan secara otomatis tercatat pada sistem. Tagihan pembayaran akan dilakukan per periode yang telah di tentukan.

Goal

Mengurangi kepadatan pada jalan tol dalam kota Jakarta dengan mengefektifitaskan waktu transaksi yang terjadi pada saat transaksi di gardu tol. Sehingga kestabilan volume kendaraan di jalan tol ibukota dapat terjaga supaya tidak menimbulkan kepadatan volume kendaraan yang berlebihan pada jalan tol ibukota. Sehingga kemacetan atau kepadatan dapat berkurang secara signifikan.

Company Background

Berawal dari kepedulian terhadap kondisi lalu-lintas Jakarta yang sangat memprihatinkan. Kami yang ,tergolong dalam sebuah komunitas yaitu mahasiswa Universitas Indonesia, tergerak untuk ikut membantu mengurangi kepadatan yang semakin lama semakin memprihatinkan dengan membuat sebuah tim kerja dengan tujuan membuat sebuah alat yang dapat berguna dalam mengurangi kepadatan volum kendaraan yang berada di jalan tol ibukota terutama pada jam-jam memulai aktivitas sehari-sehari seperti berangkat ke kantor dan kesekolah.

Alat ini adalah alat buatan kami yang pertama, dengan ekspetasi yang tinggi dan keyakinan yang tinggi dalam mengurangi kepadatan volum kendaran pada jalan tol ibukota, kami membuat alat yang kami sebut E-Z Toll.

Mission Statement

E-Z Toll menjadi produk perusahaan nomor satu di indonesia

...

Download as:   txt (7.2 Kb)   pdf (110.1 Kb)   docx (13.4 Kb)  
Continue for 3 more pages »