AllFreePapers.com - All Free Papers and Essays for All Students
Search

Peran Internal Audit Dalam Penerapan Prinsip Good Corporate Governance Di Pt Abc (indonesian)

Autor:   •  March 8, 2011  •  Essay  •  328 Words (2 Pages)  •  2,834 Views

Page 1 of 2

PERAN INTERNAL AUDIT DALAM PENERAPAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DI PT ABC

Kesimpulan

1. Tujuan Penerapan GCG pada Antam adalah untuk melindungi kepentingan pemegang saham dan memperhatikan kepentingan stakeholder lainnya.

2. SKAI telah berperan dalam penerapan prinsip-prinsip GCG hal ini dapat dilihat dari peran internal audit yang telah dilakukan di PT Antam Tbk.

3. Penerapan GCG pada Antam secara umum telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat diketahui dari lembaga-lembaga pendukung perusahaan yaitu organ-organ perusahaan yang telah menjalankan fungsinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu, lingkungan perusahaan seperti code of conduct dan nilai-nilai perusahaan juga mendukung penerapan GCG.

4. SKAI tidak hanya berperan sebagai watchdog tetapi juga berperan sebagai konsultan dan katalisator. Hal ini dapat diketahui dari fungsinya yaitu membantu Direktur Utama dalam pengawasan pelaksanaan pengendalian intern yang antara lain dengan cara berperan sebagai konsultan dan katalis dengan memberikan rekomendasi berdasarkan fakta temuan dan memastikan auditee untuk melakukan tindak lanjut terhadap rekomendasi yang telah disetujui bersama terhadap proses bisnis pada semua tingkatan manajemen.

5. SKAI secara umum telah melaksanakan pengendalian intern sesuai dengan criteria COSO dalam meningkatkan penerapan GCG. Hal ini diketahui dari telah diterapkannya 5 komponen dalam COSO yaitu lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, komunikasi dan informasi serta pemantauan oleh SKAI dalam meningkatkan penerapan GCG.

6. SKAI belum memiliki program kompensasi, penilaian kinerja dan system kinerja yang memadai untuk semua auditor internalnya, karena hal tersebut tergabung dengan remunerasi, penilaian dan system sanksi yang disusun oleh Manajemen HCM

7. Dalam

...

Download as:   txt (2.6 Kb)   pdf (58.8 Kb)   docx (10.7 Kb)  
Continue for 1 more page »