AllFreePapers.com - All Free Papers and Essays for All Students
Search

Deteksi Plat Nomor Kendaraan Menggunakan Feature Extraction Dan Optical Character Recognition Serta Jaringan Syaraf Tiruan

Autor:   •  December 16, 2016  •  Research Paper  •  2,023 Words (9 Pages)  •  715 Views

Page 1 of 9

DETEKSI PLAT NOMOR KENDARAAN  MENGGUNAKAN FEATURE EXTRACTION DAN OPTICAL CHARACTER RECOGNITION SERTA JARINGAN SYARAF TIRUAN

 

Adi Muhajirin 1), Moch. Adhari Adiguna 2) 

1)  Teknik Informatika Universitas Bhayangkara

Jl. Raya Perjuangan, Bekasi Utara-Indonesia

email : adimuhajirin99@gmail.com

2)  Teknik Informatika STMIK Eresha Jakarta

Jl. H. Samali Ujung No. 51, Jakarta Selatan, Jakarta 12740 Indonesia

email : moch.adhari@yahoo.co.id

ABSTRAK

Teknologi informasi dalam hal deteksi plat nomor kendaraan tentunya dapat membantu bidang keamanan dan otomasi pada sistem informasi parkir. Penelitian ini dirumuskan masalah pada bagaimana suatu aplikasi agar dapat mendeteksi plat nomor kendaraan melalui input citra kamera.

Algoritma, hardware dan struktur jaringan pada pengenalan pola tersebut dirancang menggunakan aplikasi dalam tiga tahapan yaitu lokalisasi plat, ekstraksi ciri dari plat berkarakter, dan pengenalan pola atas karakter menggunakan metode identifikasi yang cocok. Fikriye Öztürka tahun 2012 menggunakan teknik preprocessing dengan cara  Bottom-Hat filtering, Otsu’s thresholding, opening, labeling, closing, koreksi kemiringan dan ekstraksi pada kotak region yang potensial mengandung plat nomor. Sedangkan Lihong Zheng, dkk. pada tahun 2013 menggunakan Algoritma Blob detection algorithm dengan tingkat akurasi 96,4% dari 169 citra yang diuji.

Pada penelitian ini deteksi plat nomor kendaraan, menggunakan metode feature extraction dan optical character recognition serta jaringan syaraf tiruan dengan hasil uji coba didapat tingkat sensitivitas 100% dan rata-rata akurasi 78%.

Kata Kunci: Deteksi Plat Nomor, Pengolahan Citra, Optical Character Recognition, Neural Network.

I. PENDAHULUAN

Teknologi informasi saat ini dapat meningkatkan kinerja suatu organisasi dalam melakukan aktivitasnya, pada bidang keamanan dan otomasi misalnya bagaimana agar proses deteksi plat nomor kendaraan dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Penelitian ini dirumuskan masalah pada bagaimana suatu aplikasi agar dapat mendeteksi plat nomor kendaraan bermotor melalui input citra camera cctv.

Automatic License Plate Recognition (ALPR) adalah teknik pengenalan pola plat kendaraan menggunakan ekstraksi ciri tanpa campur tangan manusia yang digunakan pada dunia industri, lembaga, layanan parkir, bandara, kontrol bea cukai, kontrol lalu lintas dan keamanan (Vladimir Tadic, 2016).

Aplikasi deteksi plat nomor kendaraan bekerja menggunakan teknik pengolahan citra untuk membantu mengenali pola plat nomor kendaraan tersebut. Proses tersebut meliputi penentuan batas regional plat nomor kendaraan untuk dilokalisasi, selanjutnya karakter yang ditemukan diidentifikasi menggunakan sistem pengenalan karakter, salah satunya Optical Character Recognition (OCR).

...

Download as:   txt (16.4 Kb)   pdf (536.9 Kb)   docx (720.1 Kb)  
Continue for 8 more pages »