AllFreePapers.com - All Free Papers and Essays for All Students
Search

Spm Solartronic Case

Autor:   •  June 30, 2015  •  Essay  •  635 Words (3 Pages)  •  871 Views

Page 1 of 3

Exhibit 1 memperlihatkan penurunan laba sebesar $20.000 dibandingkan dengan laba yang direncanakan semula. Penyebab penurunan laba adalah adanya varian yang merugi yaitu : tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik variabel, dan biaya overhead pabrik tetap – volume dimana tak dapat diimbangi dengan varian yang menguntungkan seperti : bahan langsung dan biaya overhead pabrik tetap – dibelanjakan.
Penurunan laba akibat selisih varian tersebut juga tidak dapat diimbangi dengan tingkat penjualan yang memuaskan. Penurunan tingkat penjualan disebabkan penurunan normal musiman, walaupun telah dilakukan pengurangan produksi untuk membantu menurunkan tingkat persediaan. 

Metode yang digunakan dalam income statement adalah full cost yang memerinci biaya menjadi 2 (dua) yaitu :

  1. Biaya produksi

Varian

Direct labor

$420.000

$(3.500)

Direct materials

$780.000

$500

Variable factory overhead

$420.000

$(1.500)

Fixed factory overhead

$360.000

$2.000                  =>spending

$(17.500)              =>volume

Total biaya produksi

$1.980.000

  1. Biaya nonproduksi

Selling expense

$420.000

General corporate overhead

$240.000

Total biaya nonproduksi

$660.000




adanya perbedaan antara standar yang telah ditetapkan dengan biaya-biaya yang terjadi sesungguhnya menyebabkan varians yang dibebankan dibebankan dalam Income Statement. Menurut kelompok kami varians tersebut muncul karena faktor-faktor diantaranya :

  • Direct Labor, terdapat dua faktor yang mempengaruhi tenaga kerja langsung, yaitu standar tarif direct labor dan standar waktu (jam) direct labor. Terjadi Varian yang merugi pada direct labor mungkin terjadi karena perusahaan telah membayar upah direct labor dengan tarif yang lebih tinggi dibandingkan dengan tarif upah direct labor standar. Beberapa kemungkinan penyebab adanya perbedaan tersebut adalah telah digunakannya tarif upah yang berbeda dengan standar upah pekerjaan tertentu, karyawan baru yang diterima tidak dibayar sesuai tarif standar, promosi pegawai yang mengakibatkan perubahan tarif upah. Selain pengaruh standar tariff direct labor varian mungkin terjadi karena telah digunakannya waktu kerja yang lebih besar dibanding waktu standar, hal ini mungkin terjadi karena departemen produksi telah bekerja secara tidak efisien karena pengawasan terhadap tenaga kerja kurang baik.
  • Direct Material, terdapat dua faktor yang mempengaruhi varians direct material yaitu selisih harga bahan baku actual dan standar serta selisih kuantitas actual dan standar. Direct material yang favorable sebesar $500 dapat disebabkan karena perusahaan telah membeli direct material dengan kuantitas yang lebih sedikit karena actual unit yang diproduksi lebih rendah (asumsi produk yang dijual sama dengan produk yang diproduksi) serta dikarenakan kemungkinan adanya penurunan harga direct material yang digunakan dalam proses produksi.
  • Variable Factory Overhead, yang menyebabkan adanya varian unfavorable pada variable factory overhead antara lain adalah karena unit sold actual lebih rendah dari unit sold budgeted. Hal ini dikarenakan biaya overhead aktual per satuan lebih besar daripada biaya overhead budgeted.
  • Fixed Factory Overhead, yang menyebabkan spending varian favorable pada fixed factory overhead adalah biaya factory actual lebih kecil dari pada biaya standar dengan memperhitungkan kuantitas actual (flexible budget). Dimana hal tersebut berarti bahwa perusahaan mampu malakukan efisiensi atas biaya factory overhead. Sedangkan volume varian unfavorable pada fixed factory overhead dikarenakan perusahaan tidak mampu berproduksi pada strandar yang seharusnya. Sehingga terdapat selisih kapasitas pabrik. Menurut pandangan kami, hal tersebut mungkin terjadi karena kondisi industry yang masih lesu sehingga manajer tidak memiliki pengendalian atas hal tersebut.

Data yang berguna dan perlu dipertimbangkan dalam menganalis kinerja pada bulan Januari antara lain ;

  • Informasi mengenai kebijakan pemerintah dalam hal kebijakan mengenai pekerja seperti upah minimum regional. Jika ditemukan fakta bahwa yang menyebabkan ketidaksesuaian biaya labor actual dengan standar adalah kebijakan pemerintah, maka manajer tidak memiliki kendali atas hal tersebut dan tidak dapat dikatakan bahwa kinerja manajer buruk dalam hal pertanggungjawabannya atas biaya direct labor.
  • Informasi mengenai kondisi pasar yang dihadapi oleh perusahaan juga pertu dijadikan pertimbangan karena bagaimanapun juga kondisi pasar akan sangat mempengaruhi permintaan penjualan perusahaan.
  • Data time series atas penjualan perusahaan juga perlu dipertimbangkan untuk mengetahui apakah penjualan tersebut dipengaruhi oleh faktor musiman.

Sehingga untuk mengukur kinerja manajer, pada bulan Januari tersebut tidak sesuai jika hanya dilihat dari pengukuran finansial seperti varians yang diuraikan diatas. Banyak faktor-faktor nonfinansial yang memperngaruhi kinerja perusahaan.

...

Download as:   txt (4.9 Kb)   pdf (105 Kb)   docx (7.6 Kb)  
Continue for 2 more pages »