AllFreePapers.com - All Free Papers and Essays for All Students
Search

Based Technology Management Concepts, Give Explanation on the Unique Characteristics of Six Technologies That Need to Be Understood

Autor:   •  April 9, 2016  •  Exam  •  3,237 Words (13 Pages)  •  1,009 Views

Page 1 of 13

UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP 2016

--------------------------------

Mata  Ujian        : Manajemen Teknologi dan Inovasi

Hari, tanggal        :    Maret 2016

W  a  k  t  u        : Satu Minggu

S  i  f  a  t        : Take Home

P e n g u j I        : Ir. Fuad Achmadi, M.Sc., Ph.D.

Mahasiswa                : Edi Santoso    (9115202706)

  Arick Setiawan (9115202708)

  Irwan Hidayat  (9115202709)

  1. Berdasarkan konsep manajemen teknologi, berikan penjelasan tentang enam karakteristik unik dari teknologi yang perlu dipahami !

6 (enam) karakteristik unik dari teknologi adalah sebagai berikut:

  1. Teknologi dapat dispesialisasikan/dikhususkan.

Sebagai contoh teknologi eksplorasi migas laut dalam.  Teknologi ini dapat dikembangkan lagi menjadi teknologi yang lebih spesifik, seperti teknologi untuk platformnya dengan menggunakan Tension Leg Platform, teknologi untuk pengolahan produksinya dengan menggunakan Floating Production Unit, teknologi untuk mooring sistem, teknologi untuk flexible riser, wellhead yang digunakan menggunakan teknologi subsea wellhead dll.

  1. Life Cycle dari teknologi lebih pendek.

Sebuah teknologi yang telah dikembangkan dengan baik, dapat menjadi usang tanpa terprediksi dalam waktu yang sangat singkat dan digantikan oleh teknologi yang lebih tinggi.  Contoh teknologi yang berkembang dengan pesat dewasa ini adalah teknologi telepon seluler.

  1. Teknologi utama harus terus dikembangkan dan ditingkatkan secara terus-menerus untuk dapat menguasai teknologi dalam jangka panjang.

Sebagai contoh, mikro elektronika di Amerika Serikat adalah pemimpin dalam bisnis produk RAM (Random Access Memory). Setelah tidak lagi mengembangkan teknologi dalam memproduksi produk RAM, mereka tidak lagi menjadi pemimpin dalam teknologi utama dari mikro elektronika.  Oleh karena itu, mereka kehilangan pangsa pasar yang potensial dan diambil oleh Jepang.  Jepang dapat meningkatkan produk mereka menjadi lebih berdaya saing dengan memberikan kualitas yang lebih baik, harga lebih rendah, dan menghadirkan produk ke pasar lebih cepat.

  1. Untuk memperoleh nilai tambah dari teknologi, diperlukan waktu yang lama dengan tingkat kesuksesan yang berisiko tinggi.

Tingkat kesuksesan yang berisiko tinggi dapat diartikan bahwa kemungkinan gagal sangat besar.  Pengalaman dari industri-industri di Amerika Serikat menunjukkan bahwa sebuah inovasi dalam teknologi memiliki probabilitas sukses sekitar 30% dalam komersialisasi produk dengan pencapaian cash flow positif setelah 3-13 tahun terhitung dari saat pertama kali penyebaran produk ke pasar.  Jangka waktu yang diperlukan untuk memperoleh profit dari sebuah investasi dala teknologi tergantung pada karakteristik dan tingkat penyerapan dari teknologi tersebut, contoh: industri jasa akan lebih singkat daripada industri farmasi atau industri biologi.  

...

Download as:   txt (24.5 Kb)   pdf (368.4 Kb)   docx (20.7 Kb)  
Continue for 12 more pages »