AllFreePapers.com - All Free Papers and Essays for All Students
Search

Establishing Strategic Pay Plans

Autor:   •  July 20, 2016  •  Research Paper  •  1,834 Words (8 Pages)  •  1,315 Views

Page 1 of 8

Chapter 11

Establishing Strategic Pay Plans

Employee compensation adalah segala bentuk pembayaran atau imbalan yang diterima oleh karyawan dari hasil kerja mereka. Direct financial payments adalah pembayaran dalam bentuk gaji, insentif, komisi, upah dan bonus. Indirect financial payments adalah pembayaran dalam bentuk financial benefits seperti asuransi.

Basic Factors in Determining Pay Rates

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan employer dalam menentukan upah karyawan, antara lain :

  1. Aligning total rewards with strategy

Pertama-tama, perusahaan harus membuat aligned rewards strategy yaitu dengan membuat paket kompensasi (termasuk gaji, insentif dan keuntungan) yang membentuk tingkah laku karyawan agar perusahaan dapat mencapai competitive strategy. Total rewards tidak hanya meliputi gaji, insentif dan benefit melainkan job design, career development dan recognition programs.

  1. Equity and its impact on pay rates
  • External equity, mengacu pada perbandingan gaji di suatu perusahaan dengan perusahaan yang lain.
  • Internal equity, mengacu pada keadilan dalam besar gaji suatu pekerjaan bila dibandingkan dengan jenis pekerjaan yang lain pada perusahaan yang sama.
  • Individual equity, mengacu pada keadilan pada besaran gaji seseorang bila dibandingkan dengan rekan kerjanya yang memiliki pekerjaan yang sama.
  • Procedural equity, mengacu pada keadilan dalam proses dan prosedur yang digunakan untuk membuat keputusan terkait pay rates.
  1. Legal considerations in compensation
  • Minimum wage

 Contoh : UMR yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia pada setiap provinsi.

  • Child labor provisions
  • Exempt/non exempt

Jenis pekerjaan yang tidak menerima lembur (exempt) adalah executive, administrative, professional/creative, computer professional, dan outside sales.

  1. Union influences on compensation decisions

Union and labor relation laws juga mempengaruhi pay plan design. Contoh : The National Labor Relation Act of 1935 yang memberikan hak pada karyawan untuk berserikat dan berunding bersama.

  1. Pay policies

Contoh : Rumah sakit Johns Hopkins memiliki kebijakan untuk memberikan gaji kepada perawat sebesar 20 % diatas market wage.  

Job Evaluation Methods

Employers menggunakan 2 pendekatan dalam menentukan gaji karyawan yaitu melalui job evaluation methods dan market-based approaches. Pada umumnya, market-based approaches digunakan oleh perusahaan berskala kecil. Job evaluation adalah sebuah perbandingan sistematik yang digunakan untuk menentukan nilai dari suatu pekerjaan terhadap pekerjaan yang lain. Prinsip dasar yang digunakan oleh job evaluation adalah pekerjaan yang memerlukan kualifikasi yang  tinggi, tanggung jawab yang lebih besar, dan pekerjaan yang lebih sulit harus menerima gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan pekerjaan yang memiliki requirement lebih sedikit.

...

Download as:   txt (13.9 Kb)   pdf (258.7 Kb)   docx (14.5 Kb)  
Continue for 7 more pages »