AllFreePapers.com - All Free Papers and Essays for All Students
Search

Recruitment

Autor:   •  October 11, 2016  •  Research Paper  •  2,717 Words (11 Pages)  •  1,106 Views

Page 1 of 11

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

PEREKRUTAN KARYAWAN

[pic 1]

      Kelompok  :

  1. Fima Dian nanda P                                (041511223002)
  2. Dhita Ryan H                                        (041511223008)
  3. Ika Septika K                                         (041511223088)
  4. Esti Wulan Arumita                                (041511223095)

DEPARTEMEN MANAJEMEN

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS AIRLANGGA

2016

Perekrutan Karyawan

Rekrutmen didefinisikan sebagai  proses  mencari dan menarik orang-orang yang memenuhi syarat dari lowongan pekerjaan yang dapat dipilih oleh perusahaan. Sebagian besar organisasi memiliki fungsi perekrutan yang dikelola oleh departemen sumber daya manusia. Pada saat ini,  ketika fokus sebagian besar organisasi adalah menjalankan organisasi dengan efisien dan efektif, merekrut orang yang tepat untuk suatu pekerjaan adalah prioritas utama.

Besarnya upaya perekrutan organisasi dan metode yang akan digunakan dalam proses ini ditentukan dari proses perencanaan sumber daya manusia dan persyaratan dari pekerjaan tertentu yang harus diisi. Apabila  perkiraan  kebutuhan sumber daya di masa depan melebihi jumlah sumber daya manusia bersih, organisasi biasanya aktif merekrut karyawan baru. Namun, organisasi yang memiliki pilihan lain selain merekrut karyawan baru untuk menyelesaikan pekerjaan. Beberapa pilihan ini termasuk menggunakan pekerja lepas, menawarkan lembur untuk karyawan yang ada, subkontrak pekerjaan ke organisasi lain(pendekatan ini sering digunakan pada proyek-proyek konstruksi atau proyek-proyek yang memiliki waktu periode penyelesaian yang tetap), dan peminjaman karyawan.

Selain itu, perekrutan harus mencakup kegiatan mencari dan menarik calon karyawan yang memenuhi syarat. Proses perekrutan akan sangat sulit jika pekerjaan yang harus diisi didefinisikan samar-samar. Terlepas dari apakah pekerjaan yang harus diisi telah ada atau baru dibuat, persyaratan harus didefinisikan setepat mungkin untuk merekrut secara efektif. Sebagaimana dibahas dalam bab sebelumnya, analisis jabatan memberikan informasi tentang sifat dan persyaratan pekerjaan tertentu.

Analisis Pekerjaan, Perencanaan Sumber Daya Manusia, dan Rekrutmen

Analisis jabatan dapat memberikan sifat dan persyaratan tertentu dari sebuah pekerjaan. Perencanaan sumber daya manusia menentukan jumlah spesifik pekerjaan yang dapat diisi. Proses rekrutmen bertujuan menyediakan kumpulan orang-orang yang memenuhi syarat untuk mengisi lowongan tersebut.

Formulir Permintaan Personel

Kebanyakan organisasi menggunakan bentuk formulir permintaan personel untuk secara resmi meminta kepada manajer sumber daya manusia untuk mengisi posisi-posisi yang dibutuhkan. Formulir permintaan personel menyebutkan alasan dari kebutuhan untuk mempekerjakan orang baru dan persyaratan atas pekerjaan tersebut. Adalah merupakan ide yang baik untuk melampirkan deskripsi pekerjaan ke dalam formulir permintaan personel.

...

Download as:   txt (19.8 Kb)   pdf (352.4 Kb)   docx (138.2 Kb)  
Continue for 10 more pages »