AllFreePapers.com - All Free Papers and Essays for All Students
Search

Four Faces of Jesus

Autor:   •  December 7, 2016  •  Article Review  •  23,861 Words (96 Pages)  •  121 Views

Page 1 of 96

LIFE AND TEACHING

Ringkasan

THE FOUR FACES OF JESUS

[pic 1]

OLEH

Ezra V.M.Hadijaya

1431008

BAGIAN I INJIL MATIUS

Bab I

Pandangan Matius

Empat kitab telah lama ada di injil selama  sudah hampir dua ribu tahun, dan adalah seorang pemberani untuk mengusulkan bahwa satu atau lebih dari keempat kitab tersebut adalah berlebihan.Tetapi adalah lebih dari yang disebut.Semuanya, menyajikan empat padangan akan Tuhan dan arti dari kehidupan Tuhan dan bagiannya.

Untuk mendapat pandangan yang tinggi terhadap Yesus, pertama-tama kita harus mengkaji setiap kitab untuk mendapatkan jawaban apa yang dikatakan oleh masing-masing. Karena adanya empat kitab tersebut,maka kita dapat memungkinkan untuk membandingkannya diantara mereka.Ketika kita membandingkannya maka akan timbul banyak hal yang menarik perhatian.Kita menemukan bahwa Matius,Markus dan Lukas adalah mirip tetapi pada Yohanes utamanya banyak yang tidak terdapat pada ketiga yang disebut sebelumnya.

Injil Matius membagikan hal yang sama dengan ketiga injil lainnya bahwa bagian terpenting daripada kehidupan dan pelayanan Yesus adalah mengenai kematian dan kebangkitan-Nya. Jika kita melihat secara kronologis, Injil-injil ini memberikan jeda yang panjang kepada peristiwa minggu terakhir dalam kehidupan Yesus – penderitaanNya, ujianNya, penyaliban-Nya dan kebangkitan-Nya.Matius meyakinkan injil-injil lainNya bahwa Yesus adalah seorang guru yang luar biasa.Ia lebih menekankan akan hal itu.

Apa yang berbeda dengan Matius?

Perbedaaan antara Matius dengan yang ketiga lainnya menyimpulkan bahwa karakter yang unik dari Matius.Tentunya semua tulisan melibatkan sebuah proses pemilihan, dan kitab-kitab tersebut tidak dikecualikan dari aturan tersebut.

Semua penulis Injil lebih mengetahui mengenai Yesus dan ajaran-ajaran-Nya lebih dari yang dapat mereka muatkan dalam gulungan-gulungan kertas, sehingga mereka harus memilih hal-hal yang paling penting yang harus dituliskan.

Tema-tema yang unik dalam kitab Matius.

Ketika kita mengkaji keunikan dari isi kitab Matius, beberapa tema yang terkenal mengkemuka, yang menunjukan bahwa itu adalah cerminan dari keinginan penulis dan lingkungannya.Tema-tema tersebut termasuk beberapa mengenai ajaran Jesus mengenai ketertiban lingkungan, yang menyatakan bahwa menjunjung tinggi para nabi yang asli dan memperingatkan akan adanya nabi nabi palsu.

Grup yang kedua menceritakan kisah-kisah yang berhubungan denganorang yahudi dan kafir dan hubungan mereka dengan komunitas yang terselamatkan.

Grup yang ketiga berhubungan dengan hokum yang berkenaan dengan hak,pengampunan,berdoa dan perintah perintah praktis.Grup yang keempat mengenai akhir jaman (eschatology).

Dapat disimpulkan bahwa ada lima blok mengenai pengajaran Jesus:

Matius 5-7 mengenai khotbah di atas bukit

Matius 10 mengenai pidato misionaris

Matius 13 mengenai perumpamaan dari kerajaan surga

...

banners.3
Download as:   txt (142.1 Kb)   pdf (278.7 Kb)   docx (81.9 Kb)  
Continue for 95 more pages »