AllFreePapers.com - All Free Papers and Essays for All Students
Search

Service Chain Management in Batam Samudra

Autor:   •  April 2, 2014  •  Essay  •  681 Words (3 Pages)  •  2,013 Views

Page 1 of 3

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT

Dosen Pembimbing : Dr. Nofrisel MM

SEPTI NURHILDA

1344007

PROSES SUPPLY CHAIN di BATAM SAMUDRA.

BATAM SAMUDRA (BS) sebagai perusahaan jasa total logistik untuk perusahaan kontraktor SKK MIGAS di Indonesia, mengurusi logistic offshore mulai dari keagenan kapal, formalitas dan mobilisasi kru, custom clearance, mobilisasi rig, pergudangan, transportasi laut dan udara, ship chandling dll.

Dalam melakukan bisnisnya BS didukung oleh Tim Pemasaran dan Penjualan, Tim Operasional , Tim Traffic Control, Tim Customer Care, Tim HRD, Tim GA & Maintenance dan Tim Keuangan. Setiap tim tersebut mempunyai tugas dan fungsi masing-masing dalam proses bisnis BS yang akan dibahas pada paragraph selanjutnya Selain didukung oleh tim staff, BS juga didukung oleh supplier dan vendor penyedia barang dan jasa yang dibutuhkan. Supplier dan Vendor penyedia jasa itu bermacam-macam mulai dari instansi pemerintah (jasa kepelabuhanan, bea cukai, karantina, BP Migas dll), supplier bunker dan fresh water, pemilik kapal angkutan dll.

Setiap pelanggan BS memiliki kebutuhan yang berbeda yang harus dipenuhi satu persatu, sehingga paket jasa yang ditawarkan oleh BS adalah jasa yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Sebagai perusahaan penyedia jasa, kinerja BS dapat dinilai dari seberapa banyak permintaan/order pelanggan yang dapat dilayani dengan baik oleh BS. Untuk mencapai hal tersebut maka yang perlu dilakukan adalah :

• Meminimalisasi waktu menunggu customer.

• Meminimalisasi waktu idle sumberdaya.

Dengan meminimalisasi hal-hal tersebut diatas maka akan terjadi efisiensi dan meningkatnya kualitas pelayanan yang akan membawa BS kepada tujuan yang lebih lanjut yaitu :

• Memaksimalisasi performance pekerja dan sumberdaya lainnya.

• Memaksimalisasi pengalaman untuk pelanggan.

Proses bisnis BS dapat dilihat melalui fungsi masing-masing department sebagai berikut :

1. Marketing & Sales – Merancang Jasa Layanan.

Tahap awal dalam pelaksanaan layanan dalam BS adalah mengikuti tender untuk memenangkan proyek yang dilakukan oleh Marketing. Tim Marketing akan mencari peluang untuk mengikuti tender dan ikut serta dalam pelelangan, dalam proses pelelangan Tim Marketing akan mengetahui jasa pelayanan seperti apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dan menyusun paket jasa sesuai dengan kebutuhan pelanggan tersebut. Paket Jasa tersebut biasanya terdiri dari berbagai macam jasa dengan supplier dan vendor yang berbeda-beda sehingga Tim Marketing harus mengiventarisir seluruh jasa dan supplier yang ada dan mencari biaya yang dibutuhkan.

...

Download as:   txt (5.2 Kb)   pdf (86.5 Kb)   docx (12 Kb)  
Continue for 2 more pages »