AllFreePapers.com - All Free Papers and Essays for All Students
Search

The Regency Grand Hotel

Autor:   •  October 8, 2016  •  Case Study  •  1,560 Words (7 Pages)  •  826 Views

Page 1 of 7

Case Study 3

When Being The Boss Isn’t Enough

Group 6

Contributors:

Reza Maulana

Ridwan Adi Pramanto

Rivendra

Roberta Fifin Amandaningrum

Rully Feranta


  1. Latar Belakang
  2. Central Health Aged Care Services (CHAC) adalah perusahaan milik Pemerintah, yang memperkerjakan sedikitnya 500 pegawai terdiri dari berbagai macam posisi diantaranya para dokter, perawat, tenaga medis dan pegawai administrasi. CHAC memberikan perawatan rawat inap dan rawat jalan khususnya bagi pasien-pasien lanjut usia. Pemerintah sebagai sumber keuangan tergantung dari seberapa banyak pasien. Duduk sebagai CEO adalah Maria Chan yang mengawasi kegiatan sehari-hari, dan bekerja dibawah dewan direktur, Lewis Clark yang telah menjabat sebagai Kepala Dewan Direksi selama 3 bulan, setelah bertahun-tahun bekerja sebagai dokter umum. Direktur Medis bertanggung jawab atas pelayanan di klinik, posisi ini di duduki oleh Dr.Ryan Gosling yang telah memiliki pengalaman selama 20 tahun di CHAC, yang sebelumnya tidak berhasil menjadi CEO karena kehadiran Maria Chan.

Pendalaman Materi

Menurut Kinicki, Organizational Behavior (A Practical Problem Solving Approach, 1st edition) Groups are often labeled formal or informal and serve multiple functions. As a member of such groups, you can play many different roles. Group roles and norms are the means by which expectations are communicated to groups and their members. Roles and norms therefore are powerful forms of social control that influence group and member behavior. They also impact a number of important outcomes across levels in the Integrative Framework.

Berikut beberapa masalah yang terjadi di Central Health Aged Care Services

  1. Para pegawai lebih mematuhi Direktur Medis Ryan Gosling dibanding Maria Chan sebagai CEO.
  2. Adanya perselihan pendapat diantara pemimpin mengenai masalah prosedural.
  3. Dewan Direksi menghadapi sebuah dilemma, satu sisi terkesan dengan kinerja yang diberikan oleh Maria Chan, satu sisi lain Dewan Direksi tidak ingin kehilangan dokter Ryan Gosling yang memiliki pengaruh didepan para pegawai.
  1. Berdasarkan latar belakang, konflik yang terjadi antara Maria Chan dengan Ryan Gosling, terkait dengan teori-teori antara lain;
  2. Tuckman’s Five-Stage Theory of Group Development

[pic 1]

Menurut kami organisasi di CHAC belum berhasil melewati tahap pertama dari Group Development, yaitu Forming. Karena di tahap ini kelompok terlihat sangat kompak, namun terdapat beberapa sifat yang bertentangan didalamnya. Pada tahap Maria Chan dan Ryan Gosling tidak memiliki persamaan perspektif dari tujuan dari CHAC.

  1. Group Member Roles

Berdasarkan latar belakang, kami menemukan beberapa peran penting pada CHAC

  1. Maria Chan, merupakan CEO yang terpilih dan sah. Memiliki kompetensi untuk menjalankan sebuah organisasi demi mencapai tujuan organisasi.
  2. Ryan Gosling, merupakan Direktur Medis, yang memiliki pengetahuan yang luas terhadap sisi teknis dari core business CHAC, dan sangat memahami lingkungan serta budaya yang ada pada CHAC.

Kami menemukan bahwa telah terjadi role ambiguity (Kreitner), sebagai salah satu penyebab konflik karena tidak jelas rentang tanggung jawab antara Maria Chan dan Ryan Gosling.

...

Download as:   txt (11.3 Kb)   pdf (277.9 Kb)   docx (370.9 Kb)  
Continue for 6 more pages »