AllFreePapers.com - All Free Papers and Essays for All Students
Search

Indomie

Autor:   •  December 14, 2016  •  Essay  •  674 Words (3 Pages)  •  698 Views

Page 1 of 3

Inovasi Produk

Dalam mengembangkan produk, Wingsfood memulai dari elemen yang paling penting, yaitu wawasan konsumen yang telah diteliti secara langsung dari konsumen itu sendri. Bagaimana konsumen mendukung rasa dan tekstur makanan tertentu, tidak hanya diteliti oleh survei tetapi juga dirasakan dan diamati secara langsung dari konsumen dalam kehidupan sehari-hari. Setidaknya membutuhkan 2 tahun untuk melihat produk sebelum akhirnya siap diluncurkan. Ide yang diperoleh dari konsumen diuji secara hati-hati sebelum akhirnya dilaksanakan pengembangan produk bersama dengan kualitas dan tingkat penerimaan oleh konsumen.

Wawasan konsumen yang digunakan sebagai contoh ide untuk mengembangkan produk adalah dengan penambahan Kelapa atau Koya dengan bahan khusus ke dalam mie instan. Soto Koya adalah menu unik dan tradisional yang dijual oleh Pak Sadi, dengan konsumen yang banyak di Surabaya. Bawang goreng tradisional juga merupakan inovasi yang lain. Tidak sama dengan mie instan dan mie instan merk lainnya, mie sedap ayam goreng bawang renyah dan lebih besar dalam hal ukuran. Bawang goreng ini menghasilkan suara 'Kriuk' . 'Kriuk' ini kemudian digunakan sebagai salah satu tema komunikasi mereka.

Pada awal diperkenalkan, Wingsfood berfokus pada 3 tipe variant populer : Mie Sedap Goreng, Mie Sedap  Ayam Bawang, dan Mie Sedap Soto. Mie Sedap Sambal Goreng diluncurkan setelah itu, diikuti oleh Mie Sedap kaldu Ayam. Produk ini disajikan dalam 6 pameran.

1. Sebutkan dan Jelaskan Apa yang menjadi potensi pasar Mie Instan di Indonesia ?

2. Pada tahun 2007, bagaimanakah kondisi pasar Mie Instan di Indonesia ? Brand Mie Instan apa sajakah yang terlibat dala pasar Mie Instan Indonesia ? dan Persentase tiap Brand tersebut !


3. Apakah yang melatarbelakangi dominasi Indofood Sukses Makmur dalam pasar makanan di Indonesia ?


4. Pada tahun 2003, Dominasi Indomie semakin lama semakin menurun. Apakah yang menjadi Key Success Factor dari Mie Sedaap (WingsFood) dalam melawan dominasi Indomie (Indofood)?


5. 4P ( Product, Price, Place & Promotion ), Wingsfood telah melakukan beberapa hal yang menjadi diferensiasi antara Mie Sedaap dan Indomie. apa saja yang dilakukan oleh Wingsfood ?


6. Indomie tidak tinggal diam, apa saja yang dilakukan oleh Indomie dalam mempertahankan dominasi nya di dalam pasar Mie Instan Indonesia ?
7. Consumer Perception, apakah yang dimaksudkan dengan Consumer Perception ( Persepsi Konsumen )  ?
8. Bagaimanakah dengan Consumer Perception yang ada pada studi kasus ini  ?
9. Buatlah kesimpulan yang dapat diambil dari studi kasus tersebut ?

1.Berdasarkan data PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. (2004-2006), perkembangan produksi mie instan di Indonesia memperlihatkan suatu peningkatan yang positif, walaupun pada tahun 2006 sempat mengalami suatu penurunan produksi. Secara kuantitas, produksi mie instant dari tahun ke tahun mengalami kenaikan dengan tren yang positif. Hal ini menunjukkan suatu prospek yang cukup baik bagi industri mie instan ini pada masa yang akan datang.

2.    

Merek

Group

Indomie, Sarimi, Supermi, Sakura, Pop mie, etc

PT. Indofood

Indofood

70%

Mie Sedaap

PT. Karunia Alam Segar

Wings

20%

Mie ABC

PT. ABC President

ABC

10%

Mie Kare

PT. Artha Milenia

Orang Tua

Salam Mie

PT. Sentra Food

Medoco

Alhami

PT Algafood sukses mandiri

Other instan nodles

...

Download as:   txt (5 Kb)   pdf (123.8 Kb)   docx (21.1 Kb)  
Continue for 2 more pages »