AllFreePapers.com - All Free Papers and Essays for All Students
Search

Computer Crime Theory - Momm

Autor:   •  August 4, 2016  •  Creative Writing  •  628 Words (3 Pages)  •  1,690 Views

Page 1 of 3

Computer Crime Theory : MOMM

        MOMM ( motivation, opportunities, means, methods) adalah teori dasar dari computer crime motivasi dan kesempatan adalah bagian dari segitiga fraud, sementara itu yang dimaksud dengan means adalah alat yang digunakan yang sangat dekat hubungannya dengan kesempatan dan internal control dengan menggunakan teknologi. Metode adalah pengaplikasian sistem kepada computer yang digunakan untuk fraud.

[pic 1]

Motivasi ekonomi mengindikasikan pelaku menjadikan uang sebagai tujuan utama. Mereka mempunyai keinginan atau kebutuhan untuk mendapatkan keuntungan financial dari kejahatan yang dilakukan. Objek dari fraud yang dilakukan tidak hanya uang bisa jadi sesuatu yang bisa diubah ataupun ditukar dengan uang.

Motivasi ideologis ditunjukan oleh pelaku ketika pelaku merasa terdorong untuk melakukan tindakan balas dendam kepada seseorang atau ketika pelaku merasa ditindas atau dieksploitasi, dan belum tentu melibatkan motiv ekonomi. Sebagai contoh, tindakan mencuri informasi rahasia perusahaan kepada entitas lain sering digunakan sebagai alasan politis dan ideology, sabotase computer oleh karyawan yang tidak puas adalah contoh lainnya. Penjahat seperti mungkin berpikir bahwa teknologi computer mengancam kelangsungan ekonomi dan politik mereka.

Motivasi egosentris adalah motivasi yang berhubungan dengan ego, kekuatan dan kebanggaan. Seringnya fraud ini terjadi untuk mengincar derajat atau posisi. Pekerja muda yang antusias menggunakan motiv ini untuk melakukan fraud dan kejahatan untuk mencari sensasi dan tantangan.

Motivasi psikologi adalah motivasi yang ditimbulkan dari psikologi seseorang seperti rasa terdistorsi dari kenyataan, delusi terhadap diri sendiri atau rasa ketakutan terhadap computer. Ada beberapa insiden yang dilaporkan mengenai penyalahgunaan computer akibat motiv psikologi ini.

Kondisi lingkungan yang menyediakan motivasi untuk melakukan penyalahgunaan computer termasuk lingkungan internal dari perusahaan yang menggunakan computer ataupun lingkungan eksternal (dunia dan pasar). Lingkungan internal yang menimbulkan motiv penyalahgunaan computer seperti:

  1. Lingkungan kerja
  2. Reward System
  3. Level kepercayaan interpersonal
  4. Level etika dalam budaya organisasi
  5. Level of stress (tekanan untuk performa)
  6. Level efektifitas dari internal control

Motiv yang muncul dari lingkungan eksternal terhadap penyalahgunaan computer berhubungan dengan moral dan nilai social yang dianut masyarakat, kondisi kompetitif dalam industry dan kondisi ekonomi Negara atau dunia.

Computer Crime Categorization

...

Download as:   txt (4.9 Kb)   pdf (119.6 Kb)   docx (33.7 Kb)  
Continue for 2 more pages »