AllFreePapers.com - All Free Papers and Essays for All Students
Search

Nike Case (indonesian)

Autor:   •  October 2, 2011  •  Essay  •  304 Words (2 Pages)  •  6,719 Views

Page 1 of 2

Nike adalah perusahaan Amerika Serikat pemasok perlengkapan olahraga nomor 1 di dunia. Perusahaan ini didirikan tahun 1964 oleh Phillip Knight seorang pelari dan Bowerman pelatihnya dengan tujuan mendistribusi sepatu sport buatan dari jepang ke AS. Sekarang berbagai macam perlengkapan olahraga Nike diproduksi hampir 900 pabrik tersebar di seluruh dunia dan didistribusikan pula hampir ke semua negara. Kunci sukses Nike adalah keahliannya mempertahankan peforma terbaik dari para pekerjanya.

Perusahaan nike menjadi terkenal dengan nilai budaya organisasi yang kuat. Budaya ini ditanam mulai dari karyawan bagian kasir sampai manajernya. Bagi pegawai baru, diwajibkan mengikuti sesi orientasi selama 2 hari termasuk mengunjungi tempat bersejarah dan museum Nike. Di dalam sesi orientasi dilakukan pengisahan cerita oleh pegawai senior tentang sejarah Nike dan segala cerita lainnya yang dapat membangkitkan semangat kerja dan meningkatkan rasa kecintaan pada perusahaan. Pengisahan cerita ini tidak hanya untuk pegawai baru tapi pegawai lama juga.Tujuan utamanya adalah membuat seluruh pegawai Nike memahami dan mewarisi warisan pendiri perusahaan berupa semangat berinovasi dan prinsip- prinsipnya. Dengan metode ini, 27.000 karyawan NIke yang tersebar di seluruh dunia dapat mengenal akrab legenda NIke dan memahami peran mereka dalam mempertahankan peforma perusahaan.

Selain memperkenalkan warisan perusahaan , Nike menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan memberikan kebebasan karyawannya untuk berprestasi. Nike akan memberikan penghargaan jika ada pencapaian yang luar biasa inovatif dan membuat perusahaan melaba tinggi. Sejak kasus penyelewengan hak asasi buruh yang menjelekkan imej Nike pada tahun 90an dan Phillip Knight meluncurkan coorperate responsibility report tahun 2001, usaha Nike menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bukan hanya pada karyawan kantoran tetapi juga bagi para buruh yang bekerja di pabrik supplier juga.

Keahlian NIke mempertahankan

...

Download as:   txt (2.2 Kb)   pdf (52.6 Kb)   docx (10.4 Kb)  
Continue for 1 more page »